Rabu, 06 Februari 2019

RPP TRANSFORMASI K13



 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah             : SMA NEGERI 1 
Mata Pelajaran            : Matematika Wajib
Kelas/ Semester           : XI MIPA 1/1
Materi Pokok              : Transformasi
Alokasi Waktu            : 10 x 45 menit (5 Pertemuan)
A.      Kompetensi Inti
·         KI 1 (Sikap Spiritual) :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·         KI 2 (Sikap Sosial)      :
Menunjukkan perilaku jujur, displin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerjasama, toleran, damai, santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
·         KI 3 (Pengetahuan)     :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humainora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenrgaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
·         KI 4 ( Keterampilan)   :
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks
3.5.1 Menjelaskan konsep transormasi
3.5.2 Menjelaskan konsep translasi
3.5.3 Menjelaskan tahapan penyelesaian translasi menggunakan matriks
3.5.4 Menjelaskan konsep refleksi
3.5.5 Menjelaskan tahapan penyelesaian refleksi menggunakan matriks
3.5.6 Menjelaskan konsep rotasi
3.5.7 Menjelaskan tahapan penyelesaian rotasi menggunakan matriks
3.5.8 Menjelaskan konsep dilatasi
3.5.9 Menjelaskan tahapan penyelesaian dilatasi menggunakan matriks
3.6.0 Mengidentifikasi sifat-sifat transformasi geometri
3.6.1 Menerapkan sifat-sifat transformasi geometri menggunakan matriks
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)
4.5.1 Menunjukkan variabel dari permasalahan berkaitan dengan transformasi geometri dari permasalahan
4.5.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
4.5.3  Membuat contoh permasalahan kontekstual transformasi geometri dan penyelesaiannya berkaitan dengan matriks

I.              Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan konsep transformasi geometri
2.      Siswa dapat menjelaskan tahapan penyelesian transformasi geometri menggunakan matriks
3.      Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat transformasi geometri
4.      Siswa dapat menerapkan sifat-sifat transformasi geometri menggunakan matriks
II.           Materi Pembelajaran
Program Linear
1.        Transformasi
2.        Translasi
3.        Refleksi
4.        Rotasi
5.        Dilatasi

III.        Model/ Metode/ Pendekatan Pembelajaran
Model Pembelajaran                  : Treffinger
Metode Pembelajaran                : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Pendekatan Pembelajaran          : Pendekatan Saintifik

IV.        Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan 1 (@2 x 45 menit)
     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Komponen Treffinger
Fase/ Tahap/ Model/ Metode/ Pendekatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal

Apersepsi, tujuan dan motivasi
1.    Guru memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.    Guru mengajak siswa berdo’a
3.    Guru mengecek kehadiran siswa
4.    Guru memberikan apersepsi dengan bertanya tentang transformasi geometri
5.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
6.    Guru menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi
15
Kegiatan Inti
Fase 1
Memahami tantangan
Menggali data
7.    Guru memberikan tantangan atau permasalahan yang berkaitan dengan translasi
8.    Guru meminta siswa untuk membaca lks
60
Merumuskan masalah
9.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi permasalahan
10.  Guru mengajak siswa berdiskusi dan tanya jawab
11.  Guru memberikan gambaran mengenai transformasi geometri (translasi)
Fase 2
Membangkitkan gagasan
Membangkitkan gagasan
12.  Guru memberikan waktu dan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasan
13.  Guru membimbing siswa untuk menyepakati alternatif pemecahan yang akan diuji
Fase 3
Mempersiapkan tindakan
Mengembangkan solusi
14.  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
Membangun penerimaan
15.  Guru mengecek solusi yang telah diperoleh siswa dan memberikan permasalahan baru namun lebih kompleks agar siswa dapat menerapkan solusi yang telah diperoleh
16.  Siswa mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan
17.  Siswa yang lain mendengarkan dan menulis hasil presentasi siswa lainnya
Penutup

Refleksi
18.  Guru dan siswa bersama-sama merefleksi prosespembelajaran yang sudah berlangsung
19.  Guru meminta siswa untuk mempelajari materi berikutnya mengenai refleksi
20.  Guru bersama-sama dengan siswa mengakhiri pembelajaran dengan do’a
21.  Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam
15


     Pertemuan 2 (@2 x 45 menit)
     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Komponen Treffinger
Fase/ Tahap/ Model/ Metode/ Pendekatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal

Apersepsi, tujuan dan motivasi
1.    Guru memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.    Guru mengajak siswa berdo’a
3.    Guru mengecek kehadiran siswa
4.    Guru memberikan apersepsi dengan bertanya tentang refleksi
15
Kegiatan Inti
Fase 1
Memahami tantangan
Menggali data
5.    Guru memberikan tantangan atau permasalahan yang berkaitan dengan refleksi
6.    Guru meminta siswa untuk membaca lkk
60
Merumuskan masalah
7.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi permasalahan
8.      Guru mengajak siswa berdiskusi dan tanya jawab
9.      Guru memberikan gambaran mengenai transformasi geometri (refleksi)
Fase 2
Membangkitkan gagasan
Membangkitkan gagasan
10.  Guru memberikan waktu dan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasan
11.  Guru membimbing siswa untuk menyepakati alternatif pemecahan yang akan diuji
Fase 3
Mempersiapkan tindakan
Mengembangkan solusi
12.  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
Membangun penerimaan
13.  Guru mengecek solusi yang telah diperoleh siswa dan memberikan permasalahan baru namun lebih kompleks agar siswa dapat menerapkan solusi yang telah diperoleh
14.  Siswa mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan
15.  Siswa yang lain mendengarkan dan menulis hasil presentasi siswa lainnya
Penutup

Refleksi
16.  Guru dan siswa bersama-sama merefleksi prosespembelajaran yang sudah berlangsung
17.  Guru meminta siswa untuk mempelajari materi berikutnya mengenai rotasi
18.  Guru bersama-sama dengan siswa mengakhiri pembelajaran dengan do’a
19.  Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam
15
                                                   
     Pertemuan 3 (@2 x 45 menit)
     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Komponen Treffinger
Fase/ Tahap/ Model/ Metode/ Pendekatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal

Apersepsi, tujuan dan motivasi
1.    Guru memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.    Guru mengajak siswa berdo’a
3.    Guru mengecek kehadiran siswa
4.    Guru memberikan apersepsi dengan bertanya tentang rotasi
15
Kegiatan Inti
Fase 1
Memahami tantangan
Menggali data
5.    Guru memberikan tantangan atau permasalahan yang berkaitan dengan rotasi
6.    Guru meminta siswa untuk membaca lks
60
Merumuskan masalah
7.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi permasalahan
8.      Guru mengajak siswa berdiskusi dan tanya jawab
9.      Guru memberikan gambaran mengenai transformasi geometri (rotasi)
Fase 2
Membangkitkan gagasan
Membangkitkan gagasan
10.  Guru memberikan waktu dan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasan
11.  Guru membimbing siswa untuk menyepakati alternatif pemecahan yang akan diuji
Fase 3
Mempersiapkan tindakan
Mengembangkan solusi
12.  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
Membangun penerimaan
13.  Guru mengecek solusi yang telah diperoleh siswa dan memberikan permasalahan baru namun lebih kompleks agar siswa dapat menerapkan solusi yang telah diperoleh
14.  Siswa mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan
15.  Siswa yang lain mendengarkan dan menulis hasil presentasi siswa lainnya
Penutup

Refleksi
16.  Guru dan siswa bersama-sama merefleksi prosespembelajaran yang sudah berlangsung
17.  Guru meminta siswa untuk mempelajari materi berikutnya mengenai dilatasi
18.  Guru bersama-sama dengan siswa mengakhiri pembelajaran dengan do’a
19.  Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam
15

     Pertemuan 4 (@2 x 45 menit)                                           
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Komponen Treffinger
Fase/ Tahap/ Model/ Metode/ Pendekatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal

Apersepsi, tujuan dan motivasi
1.    Guru memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.    Guru mengajak siswa berdo’a
3.    Guru mengecek kehadiran siswa
4.    Guru memberikan apersepsi dengan bertanya tentang dilasi
15
Kegiatan Inti
Fase 1
Memahami tantangan
Menggali data
5.    Guru memberikan tantangan atau permasalahan yang berkaitan dengan translasi
6.    Guru meminta siswa untuk membaca lks
60
Merumuskan masalah
7.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi permasalahan
8.      Guru mengajak siswa berdiskusi dan tanya jawab
9.      Guru memberikan gambaran mengenai transformasi geometri (dilatasi)
Fase 2
Membangkitkan gagasan
Membangkitkan gagasan
10.  Guru memberikan waktu dan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasan
11.  Guru membimbing siswa untuk menyepakati alternatif pemecahan yang akan diuji
Fase 3
Mempersiapkan tindakan
Mengembangkan solusi
12.  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
Membangun penerimaan
13.  Guru mengecek solusi yang telah diperoleh siswa dan memberikan permasalahan baru namun lebih kompleks agar siswa dapat menerapkan solusi yang telah diperoleh
14.  Siswa mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan
15.  Siswa yang lain mendengarkan dan menulis hasil presentasi siswa lainnya
Penutup

Refleksi
16.  Guru dan siswa bersama-sama merefleksi prosespembelajaran yang sudah berlangsung
17.  Guru bersama-sama dengan siswa mengakhiri pembelajaran dengan do’a
18.  Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam
15

          Pertemuan 5 (@2 x 45 menit)                                           
          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
1.      Guru memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.      Guru mengajak siswa berdo’a
3.      Guru mengecek kehadiran siswa
4.      Guru menyampaikan tujuan dilaksanakan kuis permainan
15 menit
Kegiatan inti
5.      Guru menyampaikan aturan saat kuis permainan
6.      Siswa melaksanakan kuis permainan transformasi
60 menit
Kegiatan Akhir
7.      Guru bersama-sama dengan siswa mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
8.      Guru menutup pemebelajaran dengan mengucap salam
15 menit


V.      Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Alat dan Bahan           : Penggaris, Papan Tulis, Laptop, LCD, Uang koin
2.    Sumber Belajar            : Buku Matematika (Wajib) kelas XI terbitan Tiga Serangkai Kurikulum 2013 Revisi 2016, LKS Modul Wajib 2a (terlampir), Sumber dari Internet

VI.        Penilaian
No.
Kategori
Jenis Penilaian
1.
Spiritual
Lembar Observasi Spiritual
2.
Sikap
Lembar Observasi Sikap Disiplin
3.
Pengetahuan
Tes Tertulis Dan Lembar Penugasan
4.
Keterampilan
Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar