KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
|
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA
Kelas/semester : XI/1
nama guru :
nia erlita parastuti
nip/niK
: 1431056
sekolah : smA NEGERI 1 WONOAYU
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 WONOAYU
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas/ Semester : XI/1
Materi Pokok : Program Linear
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
·
KI 1 (Sikap Spiritual) :
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI 2 (Sikap Sosial) :
Menunjukkan
perilaku jujur, displin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerjasama,
toleran, damai, santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
·
KI 3 (Pengetahuan) :
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humainora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenrgaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
·
KI 4 ( Keterampilan) :
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya
dengan menggunakan masalah kontekstual
|
3.2.1 Menjelaskan konsep
pertidaksamaan
linear dua variabel
3.2.2 Menjelaskan konsep sistem pertidaksamaan linear dua variabel
3.2.3 Membedakan pertidaksamaan
linear dua variabel dengan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
3.2.4 Menjelaskan tahapan menggambar sketsa grafik daerah
himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear dua variabel
3.2.5 Menjelaskan tahapan
menggambar daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
3.2.6 Menjelaskan
strategi/tahapan menyelesaikan program linear dua variabel menggunakan
masalah kontekstual
3.2.7 Menjelaskan
strategi/tahapan membuat model matematika program linear dua variabel
menggunakan masalah kontekstual
3.2.8 Menjelaskan
strategi/tahapan penentuan nilai optimum dari masalah program linear dengan
metode uji titik pojok
3.2.9 Menjelaskan
strategi/tahapan penentuan nilai opimum dari masalah program linear dengan
garis selidik
|
4.2 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan
program linear dua variabel
|
4.2.1
Menunjukkan variabel dari permasalahan berkaitan dengan pertidaksamaan linear
dua variabel dari permasalahan
4.2.2
Membuat model matematika program linear dua variabel dari masalah kontekstual
4.2.3
Membuat sketsa grafik daerah himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear dua
variabel
4.2.4
Membuat sketsa grafik daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan
linear dua variabel
4.2.5
Menentukan nilai optimum sistem pertidaksamaan linear dua variabel
4.2.6
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua
variabel
4.2.7
Membuat contoh permasalahan kontekstual program linear dan penyelesaiannya
berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel
Literasi
: membaca, menulis dan bercerita
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Nilai karakter : rasa
ingin tahu, jujur, tanggung jawab, disiplin, percaya diri dan pantang menyerah
Melalui kegiatan
pembelajaran menggunakan model Discovery
Learning yang dipadukan dengan metodek diskusi, penugasan, dan pendekatan
saintifik yang menuntun siswa untuk mengamati (membaca) permasalahan,
menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, siswa
dapat mengintepretasikan tentang sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
Selain itu, siswa dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
program linear dua variabel dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disipln
selama proses pembelajaran, berskap jujur, santun, percaya diri dan pantang
menyerah, seta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif
(kreatif), serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik.
Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis kkeratif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
II.
Materi
Pembelajaran
Program
Linear
1.
Sistem Pertidaksamaan Linear Dua
Variabel (SPtLDV)
2.
Sketsa Grafik SPtLDV pada koordinat
Cartesius
3.
Menentukan Daerah Hmpunan Penyelesaian
(DHP)
4.
Pengertian Program Linear
5.
Model Matematika
6.
Menetukan Nilai Optimum dengan metode :
a.
Uji Titik Pojok
b.
Garis Selidik
III.
Model/
Metode/ Pendekatan Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
IV.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Fase/
Tahap/ Model/ Metode/ Pendekatan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Apersepsi,tujuan
dan motivasi
|
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2. Guru mengajak siswa berdo’a
3. Guru mengecek kehadiran siswa
4. Guru memberikan apersepsi
dengan mengingatkan kembali tentang sistem persaman linear dan
pertidaksamaan, misalnya :
“ Apa yang kalian ketahui
tentang persamaan linear, sistem persamaan linear, pertidaksaman linear dan
system pertidaksamaan linear ? Berikan masing-masing contohnya”
5.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari
6.
Guru
menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
saat membahas materi
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulation (Memberi Stimulus)
|
7.
Guru
meminta siswa untuk membaca LKS dan mengamati permasalahan dalam bentuk soal
cerita yang disajikan berkaitan dengan konsep pertidaksamaan linear dua
variabel bersama tema sebangku
Contoh bahan pengamatan :
Cerita
pertama
Seorang
pemborong akan membuat dua macam tiang yang terbuat dari bahan beton. Tiang I
memerlukan 2 sak semen dan 3 karung pasir, sedangkan tiang II memerlukan
campuran 1,5 sak semen dan 2 karung pasir. Pemborong tersebut memiliki
persediaan 15 sak semen dan 21,5 karung pasir. Tentkan model matematikanya.
(LKS hal. 19 Terlampir)
Cerita
Kedua
Seorang pedagang
sepeda ingin membeli 25 sepeda untuk persediaan. Ia ingin membeli sepeda
gunung dengan harga Rp 1.500.000,00 per buah dan sepeda balap dengan harga Rp
2.000.000,00. Keuntungan sebuah sepeda gunung Rp 500.000,00 dan sebuah sepeda
balap Rp 600.000,00. Tentukan keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang
tersebut. (LKS hal. 20 Terlampir)
|
60
menit
|
Data Collecting (Mengumpulkan data)
|
8.
Guru
memberikan materi tentang program linear
9.
Guru
menjelaskan beberapa contoh soal
10.
Guru
menjelaskan pada siswa bahwa pertemuan hari ini akan diambil nilai
berdasarkan keaktifan kerja kelompok
11.
Guru
membagi kelompok dengan ketentuan 1 kelompok berisi 4 orang siswa
12.
Guru
memberikan lks dan membimbing kerja kelompok
13.
Siswa
memahami soal dan mencari rumus yang tepat untuk mengerjakan berbagai macam
soal
14.
Siswa
mencari referensi soal yang sama dari buku paket dan internet untuk
mengerjakan berbagai macam soal
|
||
Data
Processing
(Mengolah data)
|
15.
Guru
meminta siswa menuliskan hasil penyelesaiannya pada selembar kertas
16.
Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan jawaban telah mereka dapat
|
||
Verification (Memverifikasi)
|
17. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan
|
||
Generalization (Menyimpulkan)
|
18.
Guru
menyimpulkan pembelajaran hari ini serta memberi saran dan masukan agar
menjadi lebih baik
19.
Guru
memberikan beberapa kuis untuk mengetahui apakah siswa paham dengan materi
yang telah dijelaskan
|
||
Kegiatan
Akhir
|
|
20.
Guru
memberi Tugas
21.
Guru
meminta siswa untuk mempelajari materi berikutnya
22.
Guru
bersama-sama dengan siswa mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
23.
Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
15
menit
|
Pertemuan 2 dan 3 (@4 x 45 menit)
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Fase/
Tahap/ Model/ Metode/ Pendekatan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Apersepsi,tujuan
dan motivasi
|
1. Guru memulai pembelajaran
dengan mengucap salam
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
4.
Guru
memberikan apersepsi dengan mengingatkan kembali tentang materi pada
pertemuan sebelumnya
5.
Guru
membahas tugas
6.
Guru
menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
saat membahas materi
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulation (Memberi Stimulus)
|
7. Guru meminta siswa untuk
membaca LKS dan mengamati permasalahan dalam bentuk soal cerita yang
disajikan berkaitan dengan konsep pertidaksamaan linear dua variabel bersama
teman sebangku
Contoh bahan
pengamatan :
Cerita
pertama
Seorang
petani anggrek membutuhkan pupuk sebanyak 9 kg. satu bungkus pupuk jenis I
isinya 300 gram dan satu bungkus pupuk jenis II isinya 200 gram.
Sekurang-kurangnya diperlukan 40 bungkus pupuk dan harga pupuk jenis I Rp
40.000,00 per bungkus, jenis II Rp 30.000,00 per bungkus. Biaya minimumyang
dikeluarkan adalah ….
Cerita
Kedua
Anak usia balita
dianjurkan oleh dokter untuk mengkonsumsi kalsium dan zat besi sedikitnya 60
gr dan 30 gr. Sebuah kapsul mengandung 5 gr kalsium dan 2 gr zat besi. Jika
harga sebuah kapsul Rp 1.000,00 dan harga sebuah tablet Rp 800,00. Biaya
minimum yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan anak balta tersebut
adalah ….
|
60
menit
|
Problem
Statement
|
8. Guru menjelaskan beberapa
contoh soal sejenis
9. Guru menjelaskan pada siswa
bahwa pertemuan hari ini akan diambil nilai berdasarkan keaktifan kerja
kelompok
10. Guru membagi kelompok dengan
ketentuan 1 kelompok berisi 4 orang siswa
|
||
Data Collecting (Mengumpulkan data)
|
11. Guru memberikan lks dan
membimbing kerja kelompok
12. Siswa memahami soal dan mencari
rumus yang tepat untuk mengerjakan berbagai macam soal
13. Siswa mencari referensi soal
yang sama dari buku paket dan internet untuk mengerjakan berbagai macam soal
|
||
Data
Processing
(Mengolah data)
|
14. Guru meminta siswa menuliskan
hasil penyelesaiannya pada selembar kertas
15. Guru meminta siswa untuk
menyimpulkan jawaban telah mereka dapat
|
||
Verification (Memverifikasi)
|
16. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan
|
||
Generalization
sss(Menyimpulkan)
|
17. Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini serta member saran dan masukan agar menjadi lebih baik
18. Guru memberikan beberapa kuis
untuk mengetahui apakah siswa paham dengan materi yang telah dijelaskan
|
||
Kegiatan
Akhir
|
|
19. Guru memberi Tugas
20. Guru meminta siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
21. Guru bersama-sama dengan siswa
mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
22. Guru menutup pembelajaran
dengan mengucapkan salam
|
15
menit
|
Pertemuan 4 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Fase/ Tahap/ Model/ Metode/
Pendekatan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
|
1. Guru memulai pembelajaran
dengan mengucap salam
2. Guru mengajak siswa berdo’a
3. Guru mengecek kehadiran siswa
4. Guru memberikan apersepsi
dengan mengingatkan kembali tentang materi pada pertemuan sebelumnya
5. Guru membahas tugas
6. Guru menyampaikan metode
pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
|
7.
Guru
melakukan evaluasi/tes akhir (UH bab 2) berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari yaitu tentang program linear
|
60
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
|
8. Guru dan siswa bersama-sama
membahas soal evaluasi
9. Guru meminta siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
10. Guru bersama-sama dengan siswa
mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
11. Guru menutup pembelajaran
dengan mengucapkan salam
|
15
menit
|
V.
Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Alat dan Bahan : Penggaris, Papan Tulis, Laptop, LCD
2.
Sumber Belajar : Buku Matematika (Wajib) kelas XI terbitan Tiga
Serangkai Kurikulum 2013 Revisi 2016,
LKS
Modul Wajib 2a (terlampir), Sumber
dari Internet
VI.
Penilaian
No.
|
Kategori
|
Jenis Penilaian
|
1.
|
Spiritual
|
Lembar
Observasi Spiritual
|
2.
|
Sikap
|
Lembar
Observasi Sikap Disiplin
|
3.
|
Pengetahuan
|
Tes
Tertulis Dan Lembar
Penugasan
|
4.
|
Keterampilan
|
Lembar
Pengamatan Penilaian Keterampilan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.
DIGDO SANTOSO, M.Pd Dra. L ISNAINIYAH
NIP. 19640109
199003 1 005 NIP. 19670222 200801 2005
Terimah kasih bu' file ini Sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas, bu' minta izin di copy RPPnya bu'
BalasHapusterimaksih rpp nya . berbagi memang indah
BalasHapusterimakasih,, semoga dimudahkan urusannya. izin copy yaa :)
BalasHapusTerima kasih...., sangat bermanfaat..
BalasHapus