Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 WONOAYU
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas/ Semester : XI/1
Materi Pokok : Matriks
Alokasi Waktu :
12 x 45 menit (6 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
·
KI 1 (Sikap Spiritual) :
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI 2 (Sikap Sosial) :
Menunjukkan
perilaku jujur, displin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerjasama,
toleran, damai, santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
·
KI 3 (Pengetahuan) :
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humainora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenrgaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
·
KI 4 ( Keterampilan) :
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah
kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan,
pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose
|
3.3.1 Menjelaskan
konsep dan bentuk umum matriks
3.3.2 Menjelaskan operasi aljabar matriks
3.3.3 Menjelaskan jenis-jenis matriks
3.3.4 Menjelaskan sifat-sifat matriks
3.3.5 Menjelaskan tahapan menyelesaikan matriks persegi
ordo 2x2
3.3.6 Menjelaskan tahapan menyelesaikan matriks persegi
ordo 3x3
3.3.7 Menghitung determinan matriks persegi ordo
2x2
3.3.8 Menhitung determinan matriks persegi ordo
3x3
3.3.9 Menghitung invers suatu matriks
3.3.10Menjelaskan
strategi/tahapan menyelesaikan matriks menggunakan masalah kontekstual
|
4.3 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan
matriks dan operasinya
|
4.3.1
Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan determinan
4.3.2
Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan invers
matriks
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok dengan
model problem based learning dengan
proses mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dalam
pembelajaran matriks diharapkan siswa disiplin, bertanggungjawab, dapat
bekerjasama, terlibat aktif dan memiliki rasa ingin tahu, serta siswa dapat :
1.
Menjelaskan
konsep dan bentuk umum matriks
2.
Menjelaskan
operasi aljabar matriks
3.
Menjelaskan
jenis-jenis matriks
4.
Menjelaskan
sifat-sifat matriks
5.
Menjelaskan
tahapan menyelesaikan
matriks persegi ordo 2x2
6.
Menjelaskan
tahapan menyelesaikan
matriks persegi ordo 3x3
7.
Menghitung
determinan matriks persegi ordo 2x2
8.
Menhitung
determinan matriks persegi ordo 3x3
9.
Menghitung
invers suatu matriks
10. Menjelaskan strategi/tahapan
menyelesaikan matriks menggunakan masalah kontekstual
II.
Materi
Pembelajaran
Materi Pokok : Matriks
Materi Prasyarat : Bilangan, Persamaan Linear, SPL
Konsep
:
1.
Sifat-sifat operasi matriks
2.
Sifat-sifat determinan matriks
3.
Sifat-sifat invers matriks
4.
Persamaan matriks
Prinsip
:
1.
Transpose matriks
2.
Operasi matriks
3.
Determinan matriks
4.
Invers matriks
5.
Persamaan matriks
Prosedur :
1. Langkah-langkah
melakukan tanspose matriks
2. Langkah-langkah
melakukan operasi matriks
·
Penjumlahan dan Pengurangan Matriks
Matriks dapat dijumlahkan atau dikurangkan dengan
matriks.
. Untuk setiap dan .
·
Perkalian Skalar
untuk setiap bilangan real dan matriks
·
Perkalian Dua Matriks
Perkalian matriks dan menghasilkan matriks
3. Langkah-langkah
menghitung determinan matriks
4. Langkah-langkah
menghitung invers matriks
dengan
5. Langkah-langkah
menyelesaikan persamaan matriks
·
Jika , maka
·
Jika , maka
III.
Model/
Metode/ Pendekatan Pembelajaran
Model Pembelajaran : Problem Based Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
IV.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
5.
Guru
memberikan apersepsi dengan memberikan sebuah masalah, misalnya :
“pernahkah
kalian mengamati denah tempat duduk di kelas ? berdasarkan denah tersebut,
pada baris dan kolom berapakah kalian berada ? siapa sajakah yang duduk
dibaris pertama ?”
6.
Guru
memberikan motivasi terhadap siswa mengenai materi yang akan diajarkan,
misalkan :
“untuk
meneyelesaikan masalah tersebut kita harus belajar materi matriks terlebih
dahulu
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
7.
Guru
memberikan materi tentang matriks
8.
Guru
meminta siswa untuk membaca lks
9.
Siswa
membaca dan mengamati pengertian matriks dan jenis-jenis matriks
10. Siswa memperhatikan
karakteristik transpose matriks, kesamaan dua buah matriks dan sifat-sifatnya
11. Guru menyampaikan materi
tentang transpose matriks, kesamaan dua buah matriks dan memberikan beberapa
contoh soal
12. Guru membagi kelompok dengan
ketentuan 1 kelompok berisi 4 orang siswa
13. Guru memberkan lks dan
membimbing kerja kelompok
14. Siswa berdiskusi kelompok untuk
menyelesaikan lks
15. Guru meminta siswa menuliskan
hasil penyelesaiannya pada selembar kertas
16. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskus
17. Guru dan siswa menyimpulkan
pembelajaran hari ini serta memberi saran dan masukan agar menjadi lebih baik
|
70
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
18. Guru memberi tugas
19. Guru meminta siswa untuk mempelajari
materi berikutnya mengenai operasi matriks
20. Guru bersama-sama dengan siswa
mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
21. Guru menutup pemebelajaran
dengan mengucap salam
|
10
menit
|
Pertemuan 2 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
5.
Guru
memberikan apersepsi dengan mengingatkan kembali tentang materi pada
pertemuan sebelumnya
6.
Guru
membahas tugas
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
7.
Guru
menganalisis dan membuat kategori unsure-unsur yang terdapat pada operasi
matriks dan sifat-sifatnya
8.
Guru
melanjutkan materi tentang operasi matriks
9.
Guru
meminta siswa untuk membaca lks
10. Siswa membaca dan mengamati
pengertian operasi matriks
11. Siswa memperhatikan
karakteristik perkalian matriks
12. Guru menyampaikan materi
tentang operasi matriks dan memberikan beberapa contoh soal
13. Guru membagi kelompok dengan
ketentuan 1 kelompok berisi 4 orang siswa
14. Guru memberkan lks dan
membimbing kerja kelompok
15. Siswa berdiskusi kelompok untuk
menyelesaikan lks
16. Guru meminta siswa menuliskan
hasil penyelesaiannya pada selembar kertas
17. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
18. Guru dan siswa menyimpulkan
pembelajaran hari ini serta memberi saran dan masukan agar menjadi lebih baik
|
70
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
19. Guru memberi tugas
20. Guru meminta siswa untuk
mempelajari materi berikutnya mengenai determinan dan invers matriks
21. Guru bersama-sama dengan siswa
mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
22. Guru menutup pemebelajaran
dengan mengucap salam
|
10
menit
|
Pertemuan 3 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
5.
Guru
memberikan apersepsi dengan mengingatkan kembali tentang materi pada
pertemuan sebelumnya
6.
Guru
membahas tugas
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
7.
Guru
menganalisis dan membuat kategori unsure-unsur yang terdapat pada perkalian matriks,
dan sifat-sifatnya
8.
Guru
melanjutkan materi tentang determinan dan invers matriks
9.
Guru
meminta siswa untuk membaca lks
10. Siswa membaca dan mengamati
pengertian determinan dan invers matriks
11. Siswa memperhatikan
karakteristik determinan dan invers matriks
12. Guru menyampaikan materi
tentang determinan dan invers matriks dan memberikan beberapa contoh soal
13. Guru membagi kelompok dengan
ketentuan 1 kelompok berisi 4 orang siswa
14. Guru memberkan lks dan
membimbing kerja kelompok
15. Siswa berdiskusi kelompok untuk
menyelesaikan lks
16. Guru meminta siswa menuliskan
hasil penyelesaiannya pada selembar kertas
17. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
18. Guru dan siswa menyimpulkan
pembelajaran hari ini serta memberi saran dan masukan agar menjadi lebih baik
|
70
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
19. Guru memberi tugas
20. Guru meminta siswa untuk
mempelajari materi berikutnya mengenai penyelesaian SPLDV dengan menggunakan
determinan dan invers dari suatu masalah
21. Guru bersama-sama dengan siswa
mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
22. Guru menutup pemebelajaran
dengan mengucap salam
|
10
menit
|
Pertemuan 4 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
5.
Guru
memberikan apersepsi dengan mengingatkan kembali tentang materi pada
pertemuan sebelumnya
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
6.
Guru
melanjutkan materi tentang penyelesaian SPL dengan menggunakan determinan dan
invers dari suatu masalah
7.
Guru
meminta siswa untuk membaca lks
8.
Siswa
membaca dan mengamati penyelesaian SPL dengan menggunakan determinan dan
invers dari suatu masalah
9.
Guru
menyampaikan materi tentang penyelesaian SPL dengan menggunakan determinan
dan invers dari suatu masalah dan memberikan beberapa contoh soal
10. Guru membagi kelompok dengan
ketentuan 1 kelompok berisi 4 orang siswa
11. Guru memberkan lks dan
membimbing kerja kelompok
12. Siswa berdiskusi kelompok untuk
menyelesaikan lks
13. Guru meminta siswa menuliskan
hasil penyelesaiannya pada selembar kertas
14. Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
15. Guru dan siswa menyimpulkan
pembelajaran hari ini serta memberi saran dan masukan agar menjadi lebih baik
|
70
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
16. Guru bersama-sama dengan siswa
mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
17. Guru menutup pemebelajaran
dengan mengucap salam
|
10
menit
|
Pertemuan 5 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
4.
Guru
mengevaluasi materi dari awal sampai akhir
5.
Guru
memberikan penguatan
|
70
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
6.
Guru
meminta siswa untuk mempelajari semua materi karena pertemuan berikutnya akan
dilaksanakan ulangan harian
7.
Guru
bersama-sama dengan siswa mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
8.
Guru
menutup pemebelajaran dengan mengucap salam
|
10
menit
|
Pertemuan 6 (@2 x 45 menit)
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucap salam
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
4.
Guru
menyampaikan tujuan dilaksanakan ulanagan harian
|
15
menit
|
Kegiatan
inti
|
5.
Guru
menyampaikan aturan saat ulangan harian
6.
Siswa
melaksanakan ulangan harian materi matriks
|
60
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
7.
Guru
bersama-sama dengan siswa mengakhiri pelajaran dengan berdo’a
8.
Guru
menutup pemebelajaran dengan mengucap salam
|
15
menit
|
V.
Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Alat dan Bahan : Penggaris, Papan Tulis, Laptop, LCD
2.
Sumber Belajar : Buku Matematika (Wajib) kelas XI terbitan Tiga
Serangkai Kurikulum 2013 Revisi 2016,
LKS
Modul Wajib 2a (terlampir), Sumber
dari Internet
VI.
Penilaian
No.
|
Kategori
|
Jenis Penilaian
|
1.
|
Spiritual
|
Lembar
Observasi Spiritual
|
2.
|
Sikap
|
Lembar
Observasi Sikap Disiplin
|
3.
|
Pengetahuan
|
Tes
Tertulis Dan Lembar
Penugasan
|
4.
|
Keterampilan
|
Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Drs.
DIGDO SANTOSO, M.Pd Dra. L ISNAINIYAH
NIP. 19640109 199003
1 005 NIP. 19670222 200801 2005
Mbak ada silabusnya???
BalasHapusMinta gan
makasih kak ya
BalasHapusmbak mnta silabus nya mbak
BalasHapusmbak mnta silabus nya mbak
BalasHapusTerimaksih ya mbak
BalasHapusMinta file nya.
BalasHapusMbak minta silabus nya
BalasHapus